Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa Itu Optimasi SEO Lokal

SEO Lokal
SEO Lokal

Apa Itu Optimasi SEO Lokal? Singkatnya, optimasi mesin pencari lokal adalah cara untuk menampilkan bisnis dalam pencarian lokal. Anda mungkin sudah merasakan manfaatnya ketika mencari toko atau restoran terdekat melalui mesin pencari.

Mengapa SEO lokal itu penting? alasannya sederhana. Penelitian menunjukkan bahwa sekitar 46% pengguna Google melakukan pencarian lokal. Faktanya, sebanyak 29% pencarian lokal mengarah pada pembelian. Ini adalah kesempatan yang sangat bagus, bukan?

Dengan kata lain, SEO lokal dapat membantu calon pembeli terdekat menemukan bisnis Anda. Mereka juga bisa mendapatkan segala macam informasi lengkap, mulai dari produk yang Anda berikan, alamat hingga jam kerja. Jadi, apakah Anda siap untuk belajar SEO lokal? Pada artikel ini, kami akan memberikan enam langkah praktis untuk menerapkannya.

Langkah sederhana untuk optimasi SEO lokal

Menurut penelitian, ada beberapa faktor yang memiliki dampak terbesar pada SEO lokal:

  • Google My Business Signal (25,12%) – The Indikatornya adalah kata kunci pengguna Google di lokasi, kategori bisnis, dan nama bisnis.
  • Sinyal tautan (16,53%)-Dipengaruhi oleh teks jangkar, otoritas domain, dan jumlah domain.
  • Sinyal komentar (15,44%) – Dipengaruhi oleh jumlah komentar dan keragaman komentar.
  • Sinyal halaman (13,82%)-Dipengaruhi oleh NAP dan penggunaan kata kunci.
  • Sinyal kutipan (10,82%) – Dipengaruhi oleh konsistensi lintas platform NAP.

Memahami faktor-faktor di atas saja tidak cukup. Anda juga harus bisa memanfaatkannya. Nah, selanjutnya kami akan menjelaskan metode mana saja yang bisa Anda gunakan untuk mengoptimalkan faktor-faktor tersebut satu per satu.

1. Profil Google Bisnisku Lengkap

Pada dasarnya SEO lokal bisa diterapkan di berbagai platform (termasuk Bing Places dan Apple Maps). Namun, tidak dapat dipungkiri bahwa Google Bisnisku merupakan bagian integral dari SEO lokal.

Di Indonesia sendiri, 96,84% pengguna internet masih mengandalkan mesin pencari Google. Rata-rata, mesin pencari lain hanya menguasai kurang dari 2% pangsa pasar—jauh dari signifikan.

Oleh karena itu, sebaiknya mulai menerapkan SEO lokal dan pengoptimalan "Google Bisnisku". Pertama-tama, mari kita berkenalan dengan Google Snack Pack. Ini adalah kotak hasil pencarian yang muncul ketika pengguna melakukan pencarian lokal.

Menurut Google, informasi berikut diperlukan untuk memudahkan pencarian di penelusuran lokal:

  • Lokasi. Cantumkan alamat Anda dan verifikasi lokasi bisnis Anda.
  • Nomor telepon. Pastikan nomor telepon yang tercantum valid.
  • Kategori. Pilih kategori yang sesuai untuk menambah relevansi.
  • Properti. Jelaskan apa yang harus disediakan oleh bisnis Anda.
  • Jam kerja. Beri tahu calon pelanggan kapan waktu yang tepat untuk menghubungi atau mengunjungi bisnis Anda.
  • Foto. Menampilkan berbagai foto untuk membangun harapan konsumen.

2. Riset kata kunci

Oke, bagaimana cara meningkatkan peringkat situs web Anda di hasil penelusuran organik? Penelitian kata kunci adalah jawabannya. Cari. Dengan melakukan riset kata kunci, Anda akan mengerti apa yang diinginkan konsumen, terutama saat mereka melakukan pencarian lokal.

Untuk mengidentifikasi kata kunci, Anda dapat menggunakan alat SEO dengan kemampuan riset kata kunci, salah satunya adalah Google Trends. Selain menampilkan aliran tren kata kunci tertentu, alat ini juga menampilkan kumpulan kata kunci terkait.

3. Optimisasi mesin pencari di halaman

Fungsi utama dari optimisasi mesin pencari di halaman adalah untuk memudahkan mesin pencari memahami konten situs web Anda. Semakin mudah konten Anda dipahami, semakin mudah konten Anda muncul di hasil pencarian.

Ini juga berlaku untuk SEO lokal. Ketika website Anda mudah dikenali oleh mesin pencari, maka website Anda akan lebih mudah muncul sebagai hasil yang relevan (kata kunci sebelumnya) dalam meta tag di pencarian lokal, seperti URL, judul, judul, dan deskripsi meta postingan.

Dalam banyak praktik SEO on-page, salah satu yang umum digunakan untuk mengoptimalkan SEO lokal adalah markup arsitektur. Dengan menggunakan metode ini, Anda akan memberi Google kode tambahan untuk lebih memahami konteks situs Anda.

4. Pembuatan tautan

Selain terkait dengan kebutuhan pengguna, otoritas atau popularitas situs web juga menentukan apakah situs web Anda muncul di hasil penelusuran populer. Jadi bagaimana mengukur otoritas? Dalam hal ini, Anda perlu memahami konsep otoritas domain dan otoritas halaman.

Otoritas domain adalah skor yang dapat memprediksi peringkat sebuah situs web di mesin pencari. Seperti namanya, otoritas halaman adalah skor yang digunakan untuk memprediksi seberapa tinggi peringkat halaman di mesin pencari.

Keduanya bergantung pada jumlah tautan dari situs web lain ke situs web Anda. Semakin banyak tautan yang Anda dapatkan, semakin tinggi otoritas situs tersebut.

Apakah Anda ingin mengetahui otoritas sebuah website melalui indikator otoritas domain dan otoritas halaman? Anda dapat menggunakan Moz Link Explorer untuk melihat.

Dalam konteks SEO lokal, Anda harus mendapatkan tautan dari berbagai situs web lokal dan industri terkait. Oleh karena itu, pertama-tama sediakan situs web Anda dengan tautan ke situs web mitra bisnis Anda (seperti pemasok atau distributor).

5. Tambahkan kutipan NAP

Kutipan NAP adalah kutipan untuk data biologis komersial Anda di Internet. Format dasarnya adalah: nama, alamat dan nomor telepon.

Mengapa ini penting? Karena kutipan NAP juga merupakan salah satu faktor yang membuat bisnis Anda relevan dalam pencarian lokal. Semakin sering data biologis perusahaan Anda muncul di Internet, semakin banyak perusahaan Anda akan memilikinya.

Di mana Anda dapat mulai menambahkan kutipan NAP? Anda tidak perlu melangkah terlalu jauh, mulailah dengan platform Anda sendiri-seperti situs web, akun media sosial, dan "Google Bisnisku".

Selain itu, Anda juga dapat memasukkan informasi perusahaan Anda di situs web terkait, seperti:

  • situs web pemasaran. Jika Anda menjual produk melalui pasar seperti Tokopedia atau Bukalapak, mohon isi informasi bisnis Anda di sana selengkap mungkin.
  • Platform industri terkait. Temukan platform yang sesuai dengan bisnis Anda. Misalnya, jika Anda memiliki bisnis akomodasi, silakan masukkan NAP bisnis Anda di Traveloka, Agoda, dan platform perjalanan lainnya.
  • Daftar situs web. Anda juga dapat memasukkan kutipan NAP di situs web khusus yang menyediakan daftar bisnis. Anda dapat melihat kumpulan situs di Loganix.

Ingat, selain membuat kutipan NAP sebanyak mungkin, pastikan juga informasi yang Anda masukkan selalu sama. Misalnya, jangan membuat alamat atau nomor telepon yang Anda masukkan di "Google Bisnisku" berbeda dengan alamat atau nomor telepon yang tercantum di media sosial.

6. Ikuti setiap komentar konsumen

Yang terakhir adalah komentar. Kedengarannya sederhana, tetapi 82% konsumen merujuk ke ulasan saat mencari bisnis lokal.​​ Selain itu, komentar juga menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi SEO lokal.

Tunggu dulu, apa hubungan antara komentar dan SEO lokal?

Perlu dicatat bahwa jumlah komentar dan keragaman komentar termasuk dalam indikator yang dipertimbangkan oleh SEO lokal. Selain berfungsi sebagai media untuk berinteraksi dengan pelanggan, kolom komentar juga menampilkan peringkat yang dapat dipertimbangkan oleh calon konsumen lainnya.

Untuk produk dan layanan yang memuaskan, kolom komentar juga bisa menjadi media pemasaran dari mulut ke mulut—dengan kata lain, pelanggan Anda dapat mempromosikan bisnis Anda.

Kesimpulan

Menampilkan bisnis Anda di penelusuran lokal adalah cara yang bagus untuk menarik lebih banyak pelanggan. Anda dapat melakukan ini melalui optimasi SEO lokal.

Dalam artikel ini, kami menunjukkan enam cara sederhana untuk mempraktikkannya. Berikut ringkasan singkatnya:

  • Lengkapi profil "Google Bisnisku" Anda-isi semua profil bisnis Anda di "Google Bisnisku".
  • Penelitian Kata Kunci-Temukan kata kunci yang dapat membuat bisnis Anda relevan dalam pencarian lokal.
  • Lakukan SEO pada halaman-Permudah mesin pencari menemukan situs web Anda dengan mengisi konten meta tag dan tag struktural.
  • Membangun tautan-menambah jumlah tautan dari situs web lokal ke situs web Anda.
  • Tambah Referensi NAP-Tambahkan referensi informasi komersial Anda di Internet.
  • Ikuti setiap komentar-berikan tanggapan yang cepat, ramah, dan berguna kepada calon pelanggan Anda.

Posting Komentar untuk "Apa Itu Optimasi SEO Lokal"