Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa Itu Search Engine Optimization? Pengertian, Konsep Dasar, dan Manfaatnya

apa itu SEO
apa itu SEO

Apa Itu Search Engine Optimization?Pengertian, Konsep Dasar, dan Manfaatnya. Orang yang baru memulai situs web atau blog sering menanyakan pertanyaan ini. Pasalnya, dengan menerapkan beberapa langkah optimasi SEO, maka website atau blog akan lebih mudah mendapatkan ranking tinggi di hasil pencarian Google. Apakah asumsi ini benar? apa itu seo, apa itu seo?, seo itu apa, apa itu seo marketing, apa itu seo website.

Ya, sederhananya, inilah manfaat menerapkan SEO pada website atau blog Anda. Namun, ini hanya sebagian kecil dari konsep SEO. Nah, pada artikel kali ini kita akan membahas secara lengkap apa itu SEO. Dari pengertian SEO, cara kerjanya, indikator utama SEO, hingga mengapa SEO penting untuk website Anda. Dalam hasil pencarian. Dengan mendapatkan peringkat yang lebih tinggi dalam hasil pencarian, potensi lalu lintas organik Anda juga akan meningkat.

Selain menghasilkan lalu lintas organik yang tinggi, pengoptimalan mesin telusur juga dapat membantu Anda mendapatkan lalu lintas yang tepat. Oleh karena itu, Anda tidak hanya harus fokus pada lalu lintas tinggi, tetapi juga mendapatkan lalu lintas yang tepat berdasarkan tujuan utama situs web Anda.

Untuk mendapatkan jumlah lalu lintas tinggi yang tepat, Anda harus mengikuti aturan yang ditetapkan oleh mesin telusur (dalam hal ini Google). Anda perlu memahami cara kerja SEO, algoritme Google, dan indikator kunci SEO. Anda akan mempelajari semua ini dalam bab-bab berikutnya di bawah ini.

Cara kerja SEO

Mesin pencari menggunakan algoritme tertentu untuk menentukan konten mana yang harus diberi peringkat di bagian atas hasil pencarian. Ini berlaku untuk semua mesin pencari, termasuk Google, Yahoo!, Bing, dan Duckduckgo.

Kami tidak akan membahas algoritma di setiap mesin pencari. Di sini kita hanya membahas algoritma Google. Mengapa? Karena Google menguasai lebih dari 90% pangsa pasar mesin pencari global. Jadi ketika berbicara tentang cara kerja SEO, algoritma Google adalah tolok ukurnya.

Google telah memperbarui algoritmanya untuk memberikan hasil penelusuran yang lebih relevan dan solusi kepada penggunanya. Dari tahun 2011 hingga saat ini, algoritma Google setidaknya memiliki delapan pembaruan besar.

Jadi, Anda harus sering memperbarui algoritma Google ini. Karena langkah optimasi berdasarkan algoritma lama Google tidak akan berpengaruh apa-apa. Misalnya, salah satu strategi lama yang digunakan adalah keyword stuffing.

Stuffing kata kunci adalah praktik memasukkan kata kunci fokus sebanyak mungkin ke dalam artikel. Strategi ini dulunya sangat efektif, bahkan jika konten Anda pendek dan sama sekali tidak terkait dengan kata kunci fokus yang Anda masukkan.

Namun, dengan pembaruan algoritma Google, strategi ini tidak lagi efektif. Jika Anda tertangkap saat berlatih, Anda bahkan akan dihukum. Jika Anda mengulangi terlalu banyak kata kunci fokus, konten Anda dapat dianggap sebagai spam.

Jadi, menurut algoritma terbaru Google, bagaimana langkah-langkah optimasi SEO? Dari struktur URL hingga kecepatan website, setidaknya ada 8 indikator SEO berdasarkan algoritma Google terbaru.

Indikator kunci SEO

Indikator kunci SEO terus berubah. Metrik ini berubah sesuai dengan algoritma Google. Jika Google memperbarui algoritmenya, metrik pengoptimalan mesin telusur juga akan berubah.

1. Struktur URL

Struktur URL yang sederhana memungkinkan mesin pencari mengidentifikasi situs web Anda dan topik utama yang Anda liput dengan mudah. Kami menyarankan Anda membuat struktur URL sederhana yang hanya berisi nama domain dan judul artikel. Berikut ini adalah contoh struktur URL yang ideal: https://www.yourblogname.com/title-article

2. Penggunaan SSL/TLS

Sejak tahun 2014, Google memprioritaskan situs yang menggunakan SSL/TLS. Karena website yang menggunakan SSL/TLS mengenkripsi semua transmisi data yang terjadi di website tersebut. Oleh karena itu, keamanan data pengguna lebih terjamin.

Selain itu, Google Chrome telah menandai situs tanpa SSL/TLS sebagai tidak aman. Jika domain situs web Anda tidak menggunakan SSL/TLS, sekaranglah saat yang tepat untuk mengaktifkannya.

Cara mengetahui apakah situs web Anda menggunakan SSL/TLS adalah dengan memeriksa alamat situs web di browser Anda. Jika masih diawali dengan HTTP, berarti website Anda belum menggunakan SSL/TLS. Untuk situs web yang mengaktifkan SSL/TLS, alamat situs web mereka dimulai dengan HTTPS.

3. Tema konten

Anda harus memiliki beberapa tema utama yang saling terkait untuk membangun struktur situs web yang baik. Setelah mengidentifikasi beberapa topik utama, Anda perlu membuat konten tentang topik ini.

Misalnya, Anda memiliki blog perjalanan. Setidaknya ada beberapa tema utama, seperti traveling, memasak, dan penginapan. Ketiga tema tersebut berkaitan dengan tema utama blog yaitu wisata.

Semakin banyak konten yang mencakup topik terkait, semakin besar kemungkinan situs web Anda akan muncul di halaman pertama hasil penelusuran untuk topik tersebut. Karena website yang berisi topik terkait lebih mudah dikenali oleh mesin pencari.

4. Maksud pencarian

Kata kunci dapat berarti dua atau lebih hal yang berbeda. Maksud pencarian adalah kata kunci spesifik yang diinginkan sebagian besar pencari.

Misalnya ketika Anda memasukkan kata kunci "bola" di Google, hasil pencarian teratas akan menampilkan berbagai portal berita sepak bola, seperti gambar di bawah ini:

Mengapa membahas definisi bola, Jenis bola dan berbagai situs bola tidak bisa menang dengan kata kunci ini? Karena sebagian besar pengguna yang mencari kata kunci "bola" ingin mencari berita sepak bola, bukan arti dan jenis sepak bola. Oleh karena itu, Google akan memprioritaskan konten yang sesuai dengan maksud pencarian sebagian besar pengguna.

5. Struktur konten

Selain menyesuaikan konten berdasarkan maksud pencarian, Anda juga harus membuat konten yang mudah dipahami. Izinkan pembaca untuk dengan mudah menemukan jawaban dalam konten Anda dalam struktur yang jelas dan rapi.

Caranya sangat sederhana, yaitu menggunakan judul dan subjudul untuk poin-poin terpenting dalam konten. Anda juga dapat menambahkan foto, ilustrasi, infografis, dan bahkan video untuk membantu pembaca memahami konten Anda.

6. Meta tag

Tag meta terdiri dari tag judul dan deskripsi meta. Fungsinya untuk membantu Google memahami keseluruhan konten pada halaman. Pertama, tag judul adalah judul artikel yang muncul di hasil pencarian. Judul artikel tidak boleh terlalu panjang, karena Google akan menyesuaikan sesuai standar yang berlaku.

Kedua, deskripsi meta adalah teks yang merangkum konten Anda dalam hasil pencarian. Teks ini terletak tepat di bawah judul artikel dan URL.Deskripsi meta biasanya terdiri dari 120 hingga 130 karakter.

7. Backlink

Backlink masih menjadi salah satu faktor utama SEO. Semakin banyak backlink yang mengarah ke situs Anda, semakin banyak kredibilitas yang akan dipertimbangkan Google untuk situs Anda. Namun, backlink juga harus berasal dari website atau blog yang berkualitas tinggi, bukan dari blog atau website yang berkualitas rendah.

8. Kecepatan Situs

Kecepatan pemuatan situs web memainkan peran penting dalam SEO Anda. Sejak 2018, Google telah mengidentifikasi kecepatan pemuatan situs web (di desktop dan perangkat seluler) sebagai salah satu indikator utama SEO.

Jenis SEO

Ada dua jenis SEO, yaitu SEO on-page dan SEO off-page. Keduanya sama-sama penting dan saling terkait. Oleh karena itu, Anda harus menerapkan kedua metode tersebut untuk mengoptimalkan praktik SEO di situs web Anda.

SEO On Page

Apa itu SEO On Page? SEO On-page adalah langkah optimasi SEO yang dilakukan pada website Anda. Beberapa langkah optimasi SEO halaman antara lain: tautan permanen, judul konten, struktur konten, penggunaan judul, kecepatan situs, topik respons, dan tautan internal.

SEO Off page

Tidak seperti SEO dalam halaman, SEO di luar halaman adalah sejumlah langkah pengoptimalan SEO yang dilakukan di luar situs web Anda. Oleh karena itu, mengoptimalkan konten dan situs web Anda tidak cukup. Ada banyak faktor di luar website yang dapat mempengaruhi kualitas SEO Anda. 

Tautan balik menunjukkan bahwa konten Anda adalah referensi ke situs web lain. Semakin banyak situs berkualitas tinggi yang mereferensikan konten Anda, semakin baik. Google mengevaluasi situs web Anda sebagai situs web yang kredibel dan meningkatkan peluang peringkat.

Selain backlink, optimasi mesin pencari di luar halaman memiliki beberapa faktor penting lainnya. Anda bisa mendapatkan informasi lebih lanjut di artikel Cara mengoptimalkan optimasi mesin pencari di luar halaman.

Mengapa SEO penting untuk situs web?

SEO bukan lagi pilihan, tapi kewajiban semua website. Mengapa langkah pengoptimalan ini begitu penting? Apa manfaat situs web Anda?

1. Mesin pencari adalah sumber informasi

Sekarang orang bisa mendapatkan informasi dengan satu klik, yaitu mesin pencari. Di Indonesia sendiri, 75% pengguna internet terbiasa menggunakan mesin pencari seperti Google untuk mencari segala macam informasi, mulai dari informasi harga, berita, informasi kesehatan hingga informasi politik.

2. Traffic didominasi oleh konten di halaman pertama

Tidak cukup hanya muncul di hasil pencarian Google. Jika konten Anda hanya muncul di urutan kedua, ketiga, atau bahkan di atasnya, kecil kemungkinannya untuk mendapatkan lalu lintas. Konten Anda setidaknya harus muncul di halaman pertama!

Menurut data Infront Webworks, 91,5% lalu lintas berasal dari situs web yang muncul di halaman pertama hasil penelusuran Google. Secara lebih rinci, tiga teratas menyumbang 91,5% dari lalu lintas. Pada gilirannya, posisi pertama, kedua dan ketiga menerima masing-masing 29,6%, 13,1% dan 9,2% lalu lintas.

3. Temukan website Anda melalui berbagai kata kunci

Dengan menerapkan langkah-langkah optimasi SEO, website Anda akan lebih mudah ditemukan dari berbagai kata kunci. Anda dapat menggunakan berbagai kata kunci yang terkait dengan topik utama Anda untuk menjangkau khalayak yang lebih luas.

Misalnya, topik utama situs/blog Anda adalah olahraga. Anda dapat menargetkan banyak kata kunci terkait olahraga. Anda dapat mendiskusikan sepak bola, bola basket, bola voli, bulu tangkis, dan topik terkait olahraga lainnya.

4. Kesadaran merek dan kredibilitas meningkat

Sebanyak 88% konsumen telah melakukan survei online sebelum membeli. Situasi ini menuntut pemilik bisnis untuk memiliki brand awareness yang baik sehingga dapat ditemukan kapan saja di dunia maya. Salah satu cara terbaik untuk membangun brand awareness di era digital ini adalah dengan meningkatkan kualitas SEO.

Semakin mudah menemukan situs Anda di hasil penelusuran Google, semakin banyak orang akan tahu tentang situs Anda. Dengan cara ini orang akan lebih mengenal bisnis Anda dan brand awareness online Anda akan meningkat.

5. Lalu lintas alami lebih mudah dikonversi

Salah satu alasan SEO sangat penting bagi perusahaan adalah karena mudah dikonversi. Pengunjung organik seringkali lebih mudah dikonversi menjadi calon pelanggan atau pelanggan. Menurut data SimilarWeb, lalu lintas organik 10 kali lebih mudah dikonversi daripada lalu lintas dari media sosial.

Apakah Anda siap menerapkan optimasi SEO?

Inilah penjelasan tentang apa itu SEO dan cara kerjanya, indikator dan manfaatnya. Semoga dengan membaca artikel ini, Anda akan memahami dasar-dasar SEO, mulai dari pengertian SEO hingga faktor-faktor utama yang mempengaruhinya.

Posting Komentar untuk "Apa Itu Search Engine Optimization? Pengertian, Konsep Dasar, dan Manfaatnya"