Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Belajar SEO Pemula Dari Awal Sampai Akhir

belajar SEO
belajar SEO

Belajar SEO Pemula Dari Awal Sampai Akhir. Jangan berhenti mempelajari pengoptimalan mesin telusur. Mengingat algoritma Google yang terus berubah, strategi SEO harus selalu diperbarui. Jika tidak, sulit untuk bersaing di halaman pencarian.

Anda pasti tidak ingin hal ini terjadi di website Anda, bukan? Nah, dalam artikel ini, kami mengundang Anda untuk mempelajari optimasi mesin pencari algoritmik. Google terbaru. Apa yang perlu Anda pelajari?

Belajar seo, belajar seo pemula, belajar seo gratis, cara belajar seo, belajar seo website, seo belajar, belajar seo blogger pemula, belajar teknik seoUntuk memudahkan Anda, kami telah membagi artikel belajar SEO WordPress ini menjadi sembilan bagian utama:

  1. Konsep dasar SEO
  2. Pengoptimalan kecepatan situs
  3. Pengoptimalan Situs Web seluler ramah
  4. Riset kata kunci
  5. Buat konten
  6. SEO On Page
  7. SEO Off Page
  8. SEO Lokal
  9. Link Building
  10. Faktor yang memengaruhi peringkat Google

Kita urutkan dari diskusi yang paling sederhana. Oleh karena itu, meskipun Anda seorang pemula, Anda dapat memahaminya dengan baik.

Konsep dasar SEO

Untuk mempelajari SEO, Anda harus memahami konsep dasarnya terlebih dahulu. SEO (Search Engine Optimization) adalah langkah optimasi website yang dapat mencapai peringkat tertinggi di halaman pencarian Google. Bahkan, posisi nomor satu di mesin pencari mendominasi 10 hasil klik.

Namun, karena Google merahasiakan teknologi peringkatnya, kita dapat melihat beberapa indikator utama SEO. Pertama-tama, Google menyukai situs web yang cepat. Kedua, Google menyukai artikel yang bermanfaat dan relevan.

Optimasi kecepatan website

Sebelum berbagai optimasi lainnya, pada umumnya belajar SEO harus dimulai dengan optimasi website agar lebih cepat. Karena kecepatan adalah salah satu faktor peringkat Google.

Jangan berasumsi. Gunakan berbagai alat seperti Google PageSpeed ​​​​Insights atau GTMetrix untuk memeriksa. Setelah mendapatkan hasil, optimalkan sesuai rekomendasi.

Jika masalah ada pada server, pastikan kualitas hosting dan lokasi server dalam kondisi terbaik. Jika ada kesalahan konfigurasi atau script yang mengganggu, mohon segera diperbaiki. Jangan lupa, selalu aktifkan teknologi kompresi seperti Gzip atau Brotli.

Memastikan bahwa situs web Anda dioptimalkan sepenuhnya diperlukan untuk hasil terbaik

Pengoptimalan situs web harus ramah seluler

Pengguna ponsel cerdas meningkat, dan semakin banyak Akses Internet yang dilakukan melalui perangkat seluler. Mencegah situs web Anda menjadi ramah seluler adalah sebuah kesalahan.

Selain itu, situs yang cocok untuk perangkat seluler akan ditampilkan pertama kali di peringkat tertinggi hasil penelusuran Google.

Untuk ini, Anda dapat menginstal tema situs web responsif. Tidak hanya itu, jangan lupa gunakan font yang mudah dibaca dan sediakan ruang putih yang cukup. Untuk pengoptimalan yang lebih baik, silakan gunakan AMP (Accelerated Mobile Pages). Ada beberapa tips lainnya.

Riset kata kunci

Penelitian kata kunci sama pentingnya saat mempelajari SEO. Adalah suatu kesalahan untuk membuat konten tanpa riset kata kunci. Karena riset kata kunci dapat membantu Anda memahami kebutuhan pengguna internet saat ini.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan saat melakukan riset kata kunci adalah:

  • Volume pencarian, yang menunjukkan berapa kali suatu kata kunci dimasukkan saat melakukan pencarian menggunakan Google. Tingkat kesulitan kata kunci Tingkat kesulitan kata kunci berada di halaman pertama mesin pencari.
  • Selain itu, terdapat saran kata kunci yang dapat digunakan untuk mencari kata kunci dengan maksud yang sama. Hasil pencarian juga penting untuk menganalisis bagaimana peringkat pesaing di tempat pertama.
  • Dengan melakukan riset kata kunci, Anda akan tahu apa yang terbaik untuk konten website Anda

Buat konten

Untuk dapat menghasilkan konten yang berkualitas tinggi Konten harus memenuhi beberapa syarat:

  • Pertama-tama, pastikan konten Anda relevan dengan kebutuhan pembaca. Jika tidak, blog/situs web Anda mungkin tidak dapat diakses. 
  • Kedua, buat konten unik dengan volume pencarian yang bagus. 
  • Ketiga, memberikan informasi yang benar/valid dari sumber yang dapat dipercaya.

Anda dapat menggunakan banyak teknik lain untuk membuat artikel situs web Anda menonjol dari artikel lain.

On Page SEO

Untuk mempelajari SEO secara mendalam, Anda harus memahami SEO On Page. Ini adalah pekerjaan optimasi yang menekankan pada peningkatan faktor internal situs web.

Beberapa langkah pengoptimalan ini menggunakan tautan permanen yang benar, karena ini dapat menjelaskan konten konten Anda. Trik lainnya adalah menulis judul meta dan deskripsi meta yang relevan dengan konten tetapi tidak akan terpotong di hasil pencarian.

Terkait konten, On Page SEO juga berupaya mengatur judul dan subjudul dengan benar dan menempatkan kata kunci dengan benar.

Masih banyak pekerjaan optimasi SEO On Page. Oleh karena itu, pastikan Anda memahaminya dan menggunakannya di situs web Anda.

SEO Off Page

Dibandingkan dengan SEO On Page, langkah-langkah optimasi SEO Off Page lebih menekankan pada upaya di luar situs web itu sendiri.

Saat mempelajari SEO untuk pengoptimalan Off Page, Anda perlu memperhatikan hal-hal berikut:

  • Pertama, dapatkan sebutan merek. Ini adalah cara yang efektif untuk mendapatkan lalu lintas berkualitas tinggi. Google juga akan mempertimbangkan website yang disebutkan oleh media untuk mendapatkan peringkat tertinggi.
  • Selanjutnya, buat profil "Google Bisnisku" untuk memudahkan konsumen menemukan informasi tentang deskripsi bisnis, alamat, jam buka, dan foto perusahaan Anda.

Anda juga perlu melakukan beberapa tugas pengoptimalan Off Page lainnya dengan benar, seperti komentar dan berbagi media sosial.

Link building

menjadi bagian dari SEO Off Page, Anda tidak boleh melupakan Link Building saat belajar SEO. Pembuatan tautan adalah untuk mendapatkan tautan ke situs web Anda dari situs web lain. Beberapa hal yang dapat Anda lakukan saat membangun tautan adalah:

  • Cobalah untuk mendapatkan banyak rekomendasi untuk menampilkan situs web Anda sebagai sumber informasi yang dapat diandalkan. Selain nomor, pastikan link yang Anda dapatkan terkait dengan topik.
  • Dua hal ini saja tidak cukup, Anda juga perlu membuat Domain Authority, perhatikan apakah jenis linknya DoFollow atau NoFollow, dan lain sebagainya.

SEO Lokal

Ada pembahasan lain saat belajar SEO. Khususnya, jika pasar lokal adalah tujuan bisnis Anda, yaitu SEO lokal.

SEO lokal bertujuan untuk selalu menjaga situs web Anda di urutan teratas pencarian mesin pencari lokal. Mengingat 46% pencarian dilakukan secara lokal dan 29% pencarian berakhir dengan pembelian, langkah ini penting.

Pada kenyataannya, teknik SEO lokal hampir menggunakan semua teknik SEO umum yang disebutkan di atas. Bedanya, fokusnya adalah pasar lokal. Oleh karena itu, Anda akan terus membangun "Google Bisnisku", melakukan riset kata kunci, dll.

Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Peringkat Google

Google menggunakan lebih dari 200 faktor untuk menentukan peringkat sebuah website di hasil pencarian.

Jadi, tidak heran jika persaingan di homepage Google semakin ketat. garang. Google sengaja menetapkan ratusan faktor penilaian untuk menjaga keadilan dan mencegah manipulasi.

Tapi untungnya, Anda tidak harus memenuhi ratusan faktor peringkat Google untuk menjadi nomor satu di hasil pencarian. Anda hanya perlu fokus pada beberapa faktor kunci.

Kesimpulan

Bagaimana? Belajar SEO itu mudah bukan?

Meskipun banyak hal yang harus dipahami, melalui langkah-langkah yang tepat, Anda akan cepat menguasai triknya. Tentunya harus ditunjang dengan banyak latihan dan hasilnya tercatat di website Anda.

Saya tekankan kembali bahwa yang terpenting untuk belajar SEO adalah jangan pernah berhenti.

SEO merupakan optimasi yang harus dilakukan secara terus menerus agar mendapatkan hasil yang terbaik. Selain itu, kami percaya bahwa Anda dapat melakukannya.

Jadi tunggu apa lagi? Gunakan pengetahuan Anda yang ada untuk menjadikan situs web Anda nomor satu. semoga beruntung!


Posting Komentar untuk "Belajar SEO Pemula Dari Awal Sampai Akhir"