Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Optimasi Seo Off Page Paling Lengkap

Cara Optimasi Seo Off Page
Cara Optimasi Seo Off Page

Cara Optimasi Seo Off Page Paling Lengkap. Apakah menurut Anda pengoptimalan mesin telusur di halaman seperti pengoptimalan kata kunci sudah cukup? Jadi, apakah Anda bingung karena website Anda belum menjadi nomor satu? Nah, ini berarti Anda masih melupakan peran SEO Off Page.

Off Page SEO adalah pengoptimalan yang berfokus pada dukungan eksternal situs web. Apa penjelasan lengkapnya?

Nah, dalam artikel ini, kami tidak hanya akan menjelaskan apa itu SEO Off page, tetapi juga bagaimana cara mengoptimalkan SEO Off Page dan perbedaan antara SEO On Page dan Off Page.

Apa itu SEO Off Page?

Off Page SEO adalah langkah optimasi SEO yang dilakukan di luar website Anda. Optimalisasi ini akan mendukung pekerjaan On Page SEO yang berfokus pada peningkatan faktor internal website.

Untuk menerapkan teknologi SEO Off Page dengan benar, Anda harus menggunakan berbagai platform. Dari website lain, media sosial hingga forum online.

Singkatnya, SEO Off Page tidak cukup untuk membangun tautan seperti yang dipikirkan banyak orang. Kami akan menjelaskan lebih lanjut di bagian tentang cara mengoptimalkan.

Mengapa SEO Off Page itu penting?

Google sendiri menggunakan banyak faktor untuk mengevaluasi situs web, termasuk faktor internal dan eksternal. Kemudian faktor ini dihitung dengan formula yang dimiliki Google, dan belum dipublikasikan secara luas.

Namun, beberapa penelitian, seperti yang dilakukan oleh Moz, perusahaan yang bergerak di bidang SEO, menunjukkan bahwa SEO Off Page dapat memengaruhi hingga 50% evaluasi Google.

Dengan kata lain, jika Anda mengabaikan SEO Off Page karena menurut Anda SEO On Page sudah cukup, maka Anda perlu melakukannya sekarang.

Tidak berhenti sampai di situ, SEO Off Page juga berguna untuk membangun kredibilitas pada website Anda.

Karena pekerjaan SEO Off Page dilakukan di berbagai platform, jika berhasil, situs web Anda akan lebih sering ditemukan, terutama di ceruk pasar terkait. Terakhir, kondisi ini akan meningkatkan kredibilitas Anda di mata netizen dan Google.

Oleh karena itu, akan lebih mudah bagi Anda untuk mendapatkan peringkat tinggi karena Anda memiliki kepercayaan dari Google.Untuk lebih jelasnya mari kita pahami dibawah ini bagaimana cara optimasi SEO Off Page.

1. Jalankan pembuatan tautan

Metode optimasi SEO Off Page yang pertama dan terpenting adalah membangun tautan. Link building adalah kegiatan untuk mendapatkan link (tautan balik) dari website lain.

Backlink merupakan salah satu faktor utama dalam penilaian Google, karena banyaknya link dari berbagai situs terkait menunjukkan bahwa situs tersebut merupakan sumber terpercaya.

Faktanya, banyaknya backlink untuk sebuah website memang membuat website tersebut menempati posisi terbaik di hasil pencarian.

Jumlah backlink untuk situs #1 rata-rata 3,8 kali lipat dari situs kedua hingga kesepuluh.

Namun, pastikan setiap backlink Anda berkualitas tinggi ya. Jika Anda memiliki banyak backlink, tetapi berasal dari situs yang kotor dan tidak relevan, Google akan memperlakukannya sebagai spam.

Jadi, inilah beberapa teknik pembuatan tautan SEO Off Page yang dapat Anda coba:

  • Dari konten Bangun tautan, Buat konten berkualitas tinggi, seperti artikel panduan lengkap, infografis, dan statistik. Dengan cara ini, situs web lain akan menggunakan Anda sebagai perujuk.
  • Blog Pengunjung,Publikasikan artikel berkualitas Anda di situs web lain yang memiliki tautan balik ke situs web Anda.
  • Self-baiting,Sebutkan nama orang atau merek di artikel Anda, sehingga orang yang memberikan backlink itu menarik.
  • Pembuatan tautan rusak-Berkolaborasilah dengan situs web lain untuk menggunakan konten Anda sebagai pengganti konten tautan rusak lainnya.
  • Pengambilan Tautan-Ambil backlink tetap dengan 404 kesalahan di halaman situs web Anda.

Jadi, faktor link building apa saja yang harus diperhatikan?

Otoritas domain dan otoritas halaman

Kualitas backlink ini diukur dengan skala yang disebut otoritas domain (DA) dan otoritas halaman (PA).

DA adalah peringkat di Google dari situs skor untuk memprediksi peluang. Pada saat yang sama, PA adalah skor yang mewakili probabilitas halaman situs web dalam peringkat Google. Keduanya memiliki rentang dari 1 hingga 100.

Untuk mendapatkan backlink berkualitas tinggi, cari situs dengan DA dan PA yang mirip dengan situs Anda. Lebih baik lagi, Anda mencari situs web dengan DA dan PA yang lebih tinggi daripada milik Anda.

Anda dapat menggunakan alat Moz atau Ahrefs untuk memeriksa DA dan PA.

Tautan dofollow

Tautan dofollow akan mengharuskan Google untuk melacak tautan target, yang pada akhirnya akan meningkatkan nilai SEO situs web target.

Sebaliknya, tautan Nofollow akan meminta Google untuk tidak mendeteksi tautan ini. Jenis tautan ini tidak berguna untuk pekerjaan SEO Off Page Anda.

Untungnya, secara default, tautan akan otomatis disetel ke dofollow.

Nah, pastikan backlink Anda bermanfaat, Anda dapat menggunakan ekstensi Google Chrome No Follow untuk memeriksanya.

Jika masih nofollow, Anda bisa menghubungi mereka untuk mempertimbangkan menggunakan dofollow dan mengarahkan ke website Anda.

Anchor Text

Teks jangkar adalah bagian teks yang berisi tautan yang mengarahkan pengunjung ke laman lain.

Teks jangkar dapat membantu Google memahami konteks informasi di situs web atau laman yang dikunjungi. Dengan kata lain, teks jangkar dari backlink yang baik akan berisi kata kunci berdasarkan tujuan Anda.

Misalnya jika Anda memiliki website toko online yang menjual sepatu, backlink dengan anchor text sepatu terbaik pasti sangat diinginkan.

Sayangnya, Anda tidak selalu dapat mengontrol teks jangkar di tautan balik.

Relevansi

Cobalah membangun tautan di situs web yang masih dalam segmen pasar yang sama dengan situs web Anda. Karena backlink dari website dengan segmen pasar yang sama lebih bernilai di mata Google.

Misalnya, jika situs web Anda termasuk dalam segmen pasar memasak, Anda juga harus mendapatkan backlink dari situs web memasak.

Lalu Lintas Situs

Faktor terakhir yang harus diperhatikan saat membuat tautan adalah lalu lintas. Jika backlink Anda berasal dari situs web dengan lalu lintas tinggi, peluang Anda untuk diklik pada tautan tersebut juga lebih besar.

Untuk melihat perkiraan lalu lintas dari situs web Anda, Anda dapat menggunakan alat seperti Ubersuggest atau Ahrefs.

 2. Tingkatkan EAT

EAT adalah singkatan dari pengetahuan profesional, otoritas, dan kepercayaan. Menurut Evaluator Kualitas Pencarian, EAT adalah indikator kualitas situs web.

Dengan EAT, Google tahu cara memercayai situs web. Artinya Google dapat memastikan bahwa hasil pencarian yang ditampilkan adalah yang terbaik dan paling akurat.

E-A-T adalah faktor penting SEO Off Page. Ini karena Google semakin menindak hoaks atau misinformasi di hasil pencarian. Terutama di bidang kesehatan, karena bisa berakibat fatal.

Selain itu, "memberikan hasil yang cepat dan akurat" adalah nilai jual utama Google. Jika Google tidak bisa memuaskannya, tentu orang akan meninggalkannya dan beralih ke mesin pencari lainnya.

Oleh karena itu, Anda harus meningkatkan EAT sebagai cara optimasi SEO Off Page. Bagaimana cara melakukannya?

Brand Mention 

Sebutan merek merujuk ke situs web lain yang menyebutkan situs web atau nama merek Anda. Ada dua jenis penyebutan merek: penyebutan merek dengan tautan ke Anda dan penyebutan merek tanpa tautan.

Menariknya, seperti yang dikatakan oleh Analis Tren Webmaster Google Gary Illyes dalam sebuah wawancara, kedua jenis penyebutan merek akan berdampak positif pada EAT Anda.

Tentu saja, penyebutan merek dengan tautan secara keseluruhan lebih baik. Sebab, selain meningkatkan EAT, Anda juga akan mendapatkan donasi trafik dari website.

Ada beberapa cara untuk meningkatkan brand mention Anda, yaitu:

  1. Jadilah blog tamu. Anda dapat menyebutkan situs tanpa tautan, misalnya saat perkenalan dan penutupan.
  2. Coba hubungi pemilik situs web. Anda mencoba berkolaborasi dengan situs web lain untuk membuat konten dengan nama merek sebagai sumber daya. 
  3. Anda dapat menjadi sumber artikel, menerima wawancara media, podcast, dan berpartisipasi dalam webinar tentang merek Anda.
  4. Begitu populer di dunia maya. Bekerja keras untuk membuat konten unik yang sejalan dengan tren sosial dan relevan dengan merek Anda.

Dapatkan backlink dari "situs seed"

Situs seed adalah situs yang dipercaya oleh Google karena memiliki catatan yang baik, seperti Wikipedia dan beberapa domain dengan .GOV, .EDU, dan situs portal berita.

Mendapatkan backlink dari situs torrent bisa membuat situs EAT Anda melambung tinggi. Namun, ini tentu tidak mudah, karena artikel Anda harus khusus untuk mendapatkannya.

Strategi lainnya, Anda bisa mencari backlink dari situs yang mendapatkan backlink dari situs seed. Meski tidak langsung, namun tetap memberikan efek positif pada EAT Anda.

Jadi, berikut adalah ikhtisar singkatnya:

  • situs seed → ke situs Anda
  • situs seed → situs orang lain → situs Anda


Dapatkan ulasan positif

Ulasan atau ulasan konsumen juga sangat penting dalam pekerjaan SEO Off Page Anda.

Evaluator Kualitas Google menekankan bahwa ulasan positif adalah bukti kuat bahwa perusahaan menikmati reputasi yang baik. Baik itu dilakukan di "Google Bisnisku" atau situs review lainnya seperti TripAdvisor, Yelp, Traveloka, Zomato, dan GoFood/Grabfood.

Cara membuat konsumen memberikan ulasan positif adalah dengan memberikan pengalaman pelanggan yang baik. Misalnya, selalu bersikap ramah kepada konsumen dan cepat menanggapi pertanyaan konsumen di media sosial.

Selain itu, Anda juga bisa mendapatkan review positif dari aspek-aspek berikut:

  • Jumlah penghargaan yang Anda menangkan, misalnya penghargaan berita, penghargaan blogger, kompetisi menulis artikel, dll.
  • Komentar positif para pakar di situs web Anda. Misalnya, blog Anda membahas topik game, dan salah satu artikelnya dipuji oleh IGN atau Gamespot.


3. Ikuti SEO Lokal

Jika Anda memiliki website komersial, Anda juga bisa menggunakan SEO Lokal sebagai cara optimasi SEO off-page lho.SEO Lokal adalah cara untuk menampilkan bisnis Anda di Penelusuran Lokal Google.

Jadi, mengapa Anda harus peduli dengan SEO lokal? Strategi SEO lokal memudahkan pelanggan menemukan bisnis Anda karena menampilkan nama bisnis lengkap dengan alamat dan informasi kontak.

Selain itu, SEO lokal juga memungkinkan pengunjung menilai layanan dan produk bisnis Anda.Dengan indikator ini, Google pasti akan merekomendasikan bisnis Anda kepada lebih banyak orang. Anda juga akan mendapatkan lebih banyak pengunjung. Solusi menang-menang!

Berikut adalah beberapa metode yang dapat Anda terapkan untuk mengoptimalkan SEO lokal:

  1. Lengkapi profil "Google Bisnisku" Anda. Dari lokasi lengkap, nomor telepon, jam kerja hingga foto.
  2. Penelitian kata kunci lokal. Tujuannya adalah agar Anda menggunakan kunci yang benar-benar dicari oleh penduduk setempat. Untuk melakukan penelitian, Anda dapat menggunakan alat SEO gratis, seperti Google Trends.
  3. Dapatkan backlink dari situs web lokal. Misalnya, situs web mitra bisnis Anda, pelanggan, pemasok, dll.
  4. Tambahkan profil bisnis Anda di berbagai platform. Mulai dari website, media sosial hingga pasar. Pasalnya, semakin banyak biodata bisnis Anda muncul di dunia maya, berarti bisnis Anda semakin populer.

4. Meningkatkan partisipasi di media sosial

Apakah Anda sering mempromosikan konten website di media sosial?

Nah, salah satu praktik pemasaran konten ini sebenarnya bisa berdampak tidak langsung pada SEO Off Page Anda. Syaratnya, tingkat partisipasi seperti jumlah komentar dan jumlah like harus tinggi.

Menurut penelitian, semakin tinggi tingkat partisipasi sebuah postingan, semakin tinggi peringkat Anda di Google. mengapa demikian?

Alasannya sederhana: ketika penonton menemukan konten yang menarik dan bermanfaat, partisipasi dalam konten akan tinggi.

Aktivitas partisipasi ini akan direkam dalam algoritme media sosial, dan terus mendorong konten Anda untuk dipromosikan ke pengguna lain. Misalnya melalui umpan.

Nah, ini pasti akan meningkatkan popularitas website Anda. Oleh karena itu, Anda berpeluang mendapatkan backlink, brand mention, dan review.

Oleh karena itu, Anda dapat mencoba beberapa teknik berikut untuk meningkatkan engagement media sosial:

  • Buat konten berkualitas-konten Anda harus relevan dan mampu menjawab pertanyaan audiens secara menyeluruh.
  • Pos pada waktu yang tepat-Poskan konten saat audiens Anda paling aktif.Menurut CoSchedule, waktu terbaik untuk memposting adalah sekitar jam 8 pagi dan sekitar jam 2 siang.
  • Gunakan hashtag yang relevan-permudah audiens target untuk menemukan postingan Anda.

5. Menggunakan forum online

Teknologi optimasi mesin pencari off-page melalui forum sebenarnya sudah mulai ditinggalkan. Karena banyak yang menyalahgunakan forum sebagai backlink spam. Oleh karena itu, hal tersebut justru akan mengakibatkan penalti oleh Google.

Biasanya pemilik website hanya memasukkan link website setiap kali membalas komentar, tanpa memperhatikan konteksnya. Terkadang mereka hanya membuat tema untuk promosi website.

Nah, jika Anda benar-benar ingin menggunakan metode ini, pastikan untuk memberikan tautan yang terkait dengan diskusi di forum. Selain itu, Anda harus aktif menjawab pertanyaan dan memublikasikan postingan yang memunculkan pertanyaan terbaru, tidak hanya berfokus pada penempatan tautan.

Dengan cara ini, Anda akan dianggap sebagai ahli oleh anggota forum. Tentu saja, ini juga akan berdampak positif pada popularitas situs Anda, dan mereka juga dapat memberikan tautan balik ke situs Anda.

Off Page SEO adalah pekerjaan penting, dan Anda harus melakukan ini untuk mendapatkan peringkat situs web Anda di Google.

Beberapa pekerjaan SEO off-page yang perlu Anda lakukan adalah:

  • Membangun tautan
  • EAT pengoptimalan situs web
  • Pekerjaan SEO lokal
  • Meningkatkan partisipasi media sosial
  • Berpartisipasi aktif dalam berbagai Forum online

Melalui berbagai kerja SEO Off Page ini, kredibilitas website Anda akan meningkat dan peringkat Anda di hasil pencarian akan lebih baik. Agar kerja SEO Anda lebih optimal, jangan lupa untuk optimasi SEO On Page ya.

Posting Komentar untuk "Cara Optimasi Seo Off Page Paling Lengkap"