Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Membangun Backlink Berkualitas Untuk Blog Dan Website

Backlink Berkualitas
Backlink Berkualitas

Apa itu backlink?

Membangun Backlink Berkualitas Untuk Blog Dan Website. Tautan balik adalah tautan yang dipasang di blog/situs web yang mengarah ke halaman blog/situs web Anda. Aktivitas membangun backlink juga disebut membangun tautan. Ada juga istilah external link dan inbound link.

Jadi ada penyedia backlink dan penerima backlink. Ketika Anda menempatkan tautan ke situs web atau blog orang lain di situs web Anda, Anda adalah penyedia tautan balik. Penerima backlink adalah website yang mendapatkan link dari penyedia backlink.

Gampang kan? Meski terlihat sederhana, backlink juga berperan penting dalam kesuksesan website atau blog Anda.cara mencari backlink berkualitas, backlink gratis berkualitas otomatis, backlink berkualitas tinggi, sumber backlink berkualitas, membuat backlink berkualitas, mencari backlink berkualitas, backlink berkualitas, mendapatkan backlink berkualitas, cara mendapatkan backlink berkualitas.

Mengapa backlink penting?

Setelah memahami apa itu backlink, saatnya memahami mengapa backlink itu penting. Apa manfaat backlink dan mengapa Anda harus menggunakannya juga.

Berikut beberapa alasan pentingnya backlink:

  1. Google menemukan situs web Anda melalui backlink
  2. "Mengapa backlink penting?" Penjelasan paling sederhana di balik pertanyaan ini. Beginilah cara Google mencari halaman baru untuk muncul di hasil pencariannya. Mesin pencari Google akan selalu merangkak untuk menemukan halaman yang paling relevan untuk kata kunci tertentu.
  3. Sama seperti manusia menggunakan peta untuk menemukan lokasi baru, mesin pencari Google menggunakan tautan balik untuk menemukan halaman baru, merayapinya, dan menempatkannya di indeks Google.
  4. Pikirkan ini. Anda akan lebih mudah menemukan lokasi baru yang terhubung dengan lokasi lain, bukan? Lokasi terpencil yang tidak terhubung dengan lokasi lain akan lebih sulit ditemukan. Hal yang sama berlaku untuk halaman web. Halaman tanpa backlink dari website lain akan sulit ditemukan oleh Google.
  5. Semakin banyak backlink yang Anda dapatkan, semakin mudah bagi Google untuk menemukan halaman Anda. Namun, Anda juga harus mempertimbangkan kualitas backlink. Saat mencari backlink, Anda tidak boleh asal-asalan. Karena backlink berkualitas buruk justru dapat merusak website Anda.

Tautan balik membantu menjaga reputasi Anda di Google

Kapan orang mencari kata kunci di Google, Google akan melakukan yang terbaik untuk memberikan hasil pencarian terbaik kepada pencari. Google pasti akan mengarahkan pencarian ke halaman web populer. Bagaimana cara Google mengevaluasi apakah suatu halaman web populer atau tidak? Ya itu betul. Google menggunakan backlink sebagai indikator popularitas halaman web. Semakin banyak backlink berkualitas tinggi ke situs Anda, semakin baik reputasi situs Anda di peringkat Google.

Backlink yang relevan dapat meningkatkan kredibilitas website

Sudah saya jelaskan sebelumnya bahwa backlink merupakan indikator penting popularitas suatu halaman website di Google. Namun, Google tidak menilai backlink hanya dari jumlahnya. Google juga akan menilai backlink di situs web Anda berdasarkan relevansinya.

Apa itu backlink terkait? Link balik terkait adalah link balik yang diperoleh dari situs web atau blog di bidang terkait. Misalnya, ketika perusahaan smartphone memperoleh backlink dari situs web atau blog yang niche-nya adalah teknologi, mereka akan memiliki backlink terkait. Dengan cara ini, perusahaan ponsel pintar dapat dianggap kredibel oleh Google.

Apa yang terjadi ketika perusahaan smartphone mendapatkan backlink dari website atau blog kecantikan, fashion, atau bahkan blog furnitur? Tentu saja Google akan mempertanyakan kredibilitas website perusahaan smartphone Apakah perusahaan tersebut cukup kredibel untuk industri dan teknologi smartphone?

Backlink membawa lalu lintas ke situs web

Seperti yang dijelaskan pada poin sebelumnya, backlink dapat membantu website lebih mudah ditemukan oleh Google sehingga bisa muncul di hasil pencarian. Semakin banyak backlink yang Anda dapatkan, semakin baik evaluasi Google terhadap situs Anda. Kemudian, halaman situs web Anda bisa mendapatkan peringkat yang lebih tinggi dalam hasil pencarian.

Selain trafik yang Anda dapatkan dari hasil pencarian Google, backlink juga akan mendatangkan trafik dari link yang ditanamkan pada website untuk memberikan backlink. Apalagi jika website penyedia backlink sudah memiliki reputasi yang baik di Google dan mendapatkan banyak trafik. Lalu lintas dari situs backlink juga akan diarahkan ke situs Anda.

Strategi mendapatkan backlink berkualitas tinggi

Tautan balik berkualitas tinggi sulit didapat. Strategi untuk membangun backlink berkualitas tinggi melibatkan mulai dengan membuat konten yang lengkap, unik, dan berbasis solusi. Berikut adalah cara mendapatkan backlink berkualitas tinggi di situs web Anda.

Bangun kredibilitas

Untuk memperoleh kualitas Untuk backlink, Anda harus terlebih dahulu menetapkan kredibilitas situs web atau blog Anda. Seperti yang saya sebutkan di poin kualitas outbound link, biasanya website atau blog dengan backlink berkualitas tinggi hanya bersedia memberikan backlink ke website dan blog berkualitas tinggi. Oleh karena itu, Anda harus terlebih dahulu membangun kredibilitas.

Tulis konten lengkap dan solutif

Cara membuat kredibilitas sebuah website atau blog? Jawabannya tentu ada di konten. Pastikan konten di website Anda lengkap dan mampu menjawab pertanyaan pencari. Apa yang Anda tulis juga harus menjadi solusi. Karena itu, setelah membaca artikel di blog atau situs web Anda, pembaca dapat menyelesaikan masalah mereka. Dengan cara ini mereka tidak akan ragu untuk membagikan artikel Anda di media sosial atau bahkan situs web atau blog mereka.

Buat konten unik

Selain melengkapi dan based Selain konten solusi, konten Anda juga harus unik.Jika memungkinkan, buat konten yang belum pernah dibuat oleh siapa pun. Pandangan yang tidak diambil oleh siapa pun. Misalnya, Anda dapat melakukan studi kasus tentang pelanggan atau bisnis Anda. Keunikan konten Anda akan menarik orang lain untuk menautkan ke situs web atau blog Anda.

Buat infografis

Terkadang orang terlalu malas untuk membaca paragraf yang panjang. Untuk mengatasi masalah ini, Anda dapat menggunakan infografis. Buat infografis agar orang tertarik membaca artikel Anda. Selain itu, lebih mudah bagi orang untuk berbagi infografis karena lebih menarik dan lebih mudah dipahami.

Gunakan backlink tool

Keempat Cara di atas adalah cara alami untuk mendapatkan backlink. Konten yang bagus, unik, lengkap, dan berbasis solusi akan menarik orang untuk memasang tautan ke situs web atau blog Anda di situs web mereka.

Meski begitu, Anda harus jemput bola untuk mendapatkan backlink yang berkualitas. Karena Anda perlu menghubungi secara pribadi situs web dan blog dengan backlink berkualitas tinggi sebelum Anda dapat membuat backlink di sana.

Untuk menemukan situs web dan blog berkualitas tinggi ini, Anda memerlukan bantuan pihak ketiga (seperti Ahrefs). Sejauh ini, Ahrefs adalah alat terbaik untuk menemukan backlink berkualitas tinggi. Dengan Ahrefs, Anda dapat menemukan blog dan situs web berkualitas tinggi berdasarkan kata kunci yang terkait dengan bisnis Anda. Selain itu, Anda juga dapat memahami kredibilitas website melalui Domain Rating (DR) dan traffic yang dihasilkan.

Gunakan platform berbagi konten

Bagikan artikel terbaru mereka atau konten di media sosial. Itu harus dilakukan. Namun, selain berbagi konten di media sosial, Anda juga perlu membagikan konten Anda di platform berbagi konten.

Platform berbagi konten seperti Medium, Kompasiana, Hipwee, VIVA Blog, Kaskus, Reddit, dan SlideShare dapat digunakan untuk menempatkan tautan ke situs web atau blog Anda. Anda bisa menulis artikel baru yang masih relevan dengan topik yang sedang Anda bahas, lalu memasang link ke artikel yang Anda inginkan. Dengan cara ini Anda bisa mendapatkan backlink dari platform berbagi konten. Sekalipun tautannya nofollow, metode ini tetap cocok untuk mempromosikan konten blog atau situs web.

Jadilah blog tamu

Blog tamu mengacu pada Anda Artikel yang Anda tulis tidak dipublikasikan di blog Anda sendiri, tetapi di blog atau situs web orang lain. Dalam artikel tersebut, Anda akan menautkan ke blog atau situs web Anda. Namun, Anda harus memilih blog atau situs web dengan lalu lintas tinggi agar blog tamu bisa mendapatkan keuntungan.

Standar dan contoh backlink berkualitas

Anda tidak bisa sembarangan mencari backlink. Google tidak hanya menilai backlink berdasarkan kuantitas, tetapi juga mempertimbangkan kualitas. Ingat, backlink yang tidak berkualitas hanya akan merugikan Anda. Oleh karena itu, Anda harus memilih backlink dengan cermat untuk mendapatkan backlink berkualitas tinggi. Apa kriteria backlink berkualitas tinggi? Berikut enam kriteria backlink berkualitas tinggi:

Relevansi

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, Anda harus mendapatkan backlink yang relevan untuk mendapatkan dampak positif dari backlink. Bagaimana cara menentukan situs web mana yang terkait dengan situs web Anda?

Prioritaskan situs yang cenderung menanam backlink. Anda dapat membaginya ke dalam kelompok situs web potensial. Dari sangat relevan, cukup relevan hingga tidak relevan.

Grup backlink yang paling relevan adalah situs web yang isinya sebagian besar berisi ulasan produk tertentu. Misalnya, bisnis Anda adalah komputer dan laptop. Carilah situs review atau blog yang khusus mengulas komputer dan laptop.

Dalam grup backlink terkait, Anda dapat memperluas kriteria untuk backlink yang diharapkan. Anda dapat menemukan blog atau situs web yang sebagian besar postingannya terkait dengan teknologi, bukan hanya laptop dan komputer.

Akhirnya, bisakah Anda menempatkan backlink di situs web yang tidak terkait dengan bisnis Anda? Jawabannya adalah ya dan tidak. Ya, Anda dapat menempatkan backlink di situs web yang tidak terkait, selama situs tersebut memiliki lalu lintas tinggi dan membahas berbagai konten, seperti portal berita. Jika situs web tidak relevan dengan bisnis Anda dan tidak memiliki lalu lintas tinggi, Anda harus meninggalkannya.

Otoritas

Relevansi saja tidak cukup. Anda juga harus memastikan bahwa situs web tempat Anda akan membuat tautan balik benar-benar kredibel dan berpengaruh. Bagaimana cara memastikan kredibilitas sebuah situs web? Anda dapat menggunakan perangkat lunak seperti Ahrefs untuk memeriksa kepercayaan situs web. Kredibilitas Ahrefs diukur menggunakan rentang 1 hingga 100, yang disebut peringkat domain (DR). Peringkat nama domain mengukur berapa banyak backlink berkualitas yang didapat situs web. Semakin tinggi nilai DR, semakin besar kemungkinan backlink.

Traffic

Selain domain name rating (DR), Anda juga perlu mempertimbangkan traffic yang dihasilkan oleh situs tersebut sebelum berubah menjadi backlink. Untuk mengukur lalu lintas bulanan yang dihasilkan oleh situs web Anda, Anda juga dapat menggunakan Ahrefs. Pastikan website yang ingin Anda tanami backlink benar-benar mendapatkan traffic.

Standar pengeditan

Perhatikan juga standar pengeditan konten website yang akan disematkan backlink. Biasanya website yang menghasilkan backlink berkualitas tinggi adalah website dengan standar editorial yang ketat, seperti portal berita atau blogger terpercaya.

Tautan keluar berkualitas tinggi

Situs web dengan tautan balik berkualitas tinggi biasanya hanya menyediakan situs tautan balik berkualitas tinggi. Oleh karena itu, harap perhatikan outbound link dari website potensial, yang akan ditanamkan backlink. Apakah tautan keluar mereka didokumentasikan dengan baik? Apakah mereka menyediakan tautan keluar ke situs web berkualitas?

Google Index

Hal terakhir dan terpenting adalah Google Index. Situs web tempat Anda akan menempatkan tautan balik harus diindeks oleh Google. Jika sebuah situs web tidak diindeks oleh Google, itu harus ditinggalkan. Karena percuma menanam backlink pada situs yang tidak terindeks oleh Google.

Cara mengecek apakah suatu website terindeks oleh Google sangatlah mudah. Buka Google. Kemudian masukkan "site:examplewebsite.com". Jika tidak ada yang muncul setelahnya, silakan tinggalkan situs web

Kesimpulan

Membangun situs web dengan backlink berkualitas tinggi membutuhkan banyak usaha. Ingat, sebelum membangun backlink berkualitas tinggi, Anda harus terlebih dahulu menetapkan fondasi utama, yaitu konten. Berapa pun backlink yang Anda dapatkan, jika tidak ada konten yang unik, lengkap, dan berkualitas tinggi, semuanya sia-sia.

Backlink yang Anda dapatkan juga harus memenuhi standar tertentu agar bisa merasakan efeknya. Oleh karena itu, sebelum memutuskan untuk menggunakan indikator di atas untuk membangun backlink, silakan lakukan riset terlebih dahulu. Dengan cara ini, backlink Anda akan berdampak positif pada situs web atau blog Anda.

Posting Komentar untuk "Membangun Backlink Berkualitas Untuk Blog Dan Website"